Membentuk Segmen Berdasarkan Ciri-ciri Konsumen
Untuk dapat menentukan suatu segmentasi dapat dilakukan dengan menyesuaikan kondisi yang paling relevan. Konsumen mempunyai perbedaan dalam banyak hal dan masing-masing berpotensi membentuk segmen, namun kenyataannya tidak semua variabel ini akan bermanfaat untuk semua situasi. Sebagai contoh untuk consumer markets variables yang sesuai adalah demographic, geographic, socio economic, psichographics. Masing-masing variabel tersebut dapat digunakan untuk menentukan segmentasi namun harus dipilih secara hati-hati agar sesuai dengan produk yang akan diteliti segmentasinya dan disesuaikan dengan kondisi yang paling relevan.Beberapa periset berusaha membentuk segmen dengan dengan mengamati ciri-ciri konsumen. Biasanya yang digunakan adalah ciri-ciri geografis, demografis, dan psikografis. Segmentasi Geografis membagi pasar menjadi unit-unit geografis yang berbeda seperti negara, negara bagian, propinsi, kota, atau lingkungan. Segmentasi demografis dibagi menjadi kelompok-kelompok berdasarkan variabel-variabel demografis seperti, usia, ukuran keluarga, siklus hidup keluarga, jenis kelamin, penghasilan, pekerjaan, pendidikan, agama, ras, generasi, kewarganegaraan, dan kelas sosial. Sementara segmentasi psikografis membagi kelompok yang berbeda bersadarkan kelas sosial, gaya hidup, dan / atau kepribadian.
Artikel Marketing Lainnya:
Blog Link:
-
Essentialness of Consumer Trust in the Era of Change
-
[image: Consumer Trust]
Do you know how imperative buyer trust in your item? Provided that the
response is not yet, then here's a little include on the esse...
-
Sukses Dalam Wawancara Kerja
-
Dalam mencari pekerjaan tahap wawancara atau interview merupakan salah satu
tahap penting yang harus dilalui oleh pencari kerja. Dalam proses ini
perusaha...
-
Adikku Obsesif Kompulsif
-
Permasalahan :
Atas dorongan istri saya, saya menulis surat ini untuk minta saran tentang
adik bungsu saya, laki-laki berusia 18 tahun. Ia memiliki segudan...
-
Dengarkan Aku - Andra and The Backbone
-
Coba dengarkan aku, untuk s’kali, ini saja
Kar’na ku ‘kan mengatakan, hanya s’kali saja
Kau pikir dirimu, s’lalu benar, dan aku salah
Ku benar-benar tak tahu...
-
Tips Melamar Kerja Lewat Email (2)
-
Isi surat lamaran di email, sama dengan isi surat lamaran biasa.
Perbedaaannya hanya pada cara pengirimannya saja. Berikut ini tips dan
trick menulis dan m...
-
Memperkenalkan Reksa Dana
-
Reksa dana merupakan salah satu alternatif investasi bagi masyarakat
pemodal, khususnya pemodal kecil dan pemodal yang tidak memiliki banyak
waktu dan keah...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar