Bauran Pemasaran Jasa Menurut Kotler
Pada dasarnya bauran pemasaran menunjukkan faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan saat menentukan strategi pemasaran suatu perusahaan jasa. Titik awal untuk membuat segala keputusan tentang bauran pemasaran tergantung pada bagaimana jasa harus diposisikan dan segmen pasar yang harus dituju. Manfaat menggunakan kerangka bauran pemasaran adalah bahwa kerangka tersebut memberi kecocokan antara bermacam-macam unsur-unsur yang harus dipertimbangkan. Selama ini banyak sekali perdebatan tentang apa yang harus dimasukkan dalam kerangka bauran pemasaran untuk jasa. Namun pada akhirnya Kotler menambahkan tiga komponen dari bauran pemasaran tradisional “4P”, sehingga pada pemasaran jasa terdapat 7 (tujuh) unsur, yaitu:- Produk. Produk atau jasa yang sedang ditawarkan.
- Harga. Jumlah uang yang dikeluarkan oleh konsumen untuk membeli sebuah produk.
- Promosi. Program komunikasi yang berhubungan dengan pemasaran produk atau jasa.
- Tempat. Fungsi distribusi dan logistik yang dilibatkan dalam rangka menyediakan produk dan jasa sebuah perusahaan.
- Manusia. Proses seleksi, pelatihan, dan pemotivasian karyawan, yang nantinya dapat digunakan sebagai pembedaan perusahaan dalam memenuhi kepuasan pelanggan.
- Bukti fisik dan yang mewakili (Physical Evidence and Presentation). Bukti fisik yang dimiliki oleh penyedia jasa yang ditujukan kepada konsumen sebagai usulan nilai tambah konsumen.
- Proses. Proses penyajian jasa.
Artikel Marketing Lainnya:
Blog Link:
-
Essentialness of Consumer Trust in the Era of Change
-
[image: Consumer Trust]
Do you know how imperative buyer trust in your item? Provided that the
response is not yet, then here's a little include on the esse...
-
Sukses Dalam Wawancara Kerja
-
Dalam mencari pekerjaan tahap wawancara atau interview merupakan salah satu
tahap penting yang harus dilalui oleh pencari kerja. Dalam proses ini
perusaha...
-
Adikku Obsesif Kompulsif
-
Permasalahan :
Atas dorongan istri saya, saya menulis surat ini untuk minta saran tentang
adik bungsu saya, laki-laki berusia 18 tahun. Ia memiliki segudan...
-
Dengarkan Aku - Andra and The Backbone
-
Coba dengarkan aku, untuk s’kali, ini saja
Kar’na ku ‘kan mengatakan, hanya s’kali saja
Kau pikir dirimu, s’lalu benar, dan aku salah
Ku benar-benar tak tahu...
-
Tips Melamar Kerja Lewat Email (2)
-
Isi surat lamaran di email, sama dengan isi surat lamaran biasa.
Perbedaaannya hanya pada cara pengirimannya saja. Berikut ini tips dan
trick menulis dan m...
-
Memperkenalkan Reksa Dana
-
Reksa dana merupakan salah satu alternatif investasi bagi masyarakat
pemodal, khususnya pemodal kecil dan pemodal yang tidak memiliki banyak
waktu dan keah...
mas/mba manajemen pemasaran bauran 7 menurut kotler boleh tau referensi bukunya apa judulnya ?
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusterimakasih ilmunya
BalasHapus