Telkomsel Pertahankan Kepuasan Pelanggan Satu Dekade

Luar biasa. Bertepatan dengan hari pelanggan nasional, Telkomsel kembali mempertahankan posisi puncak sebagai perusahaan yang memberikan tingkat kepuasan pelanggan tertinggi dengan meraih 3 penghargaan pada ajang Indonesian Customer Satisfaction Award (ICSA) 2009, sekaligus mengukuhkan dua produk Telkomsel, yaitu simPATI (kartu prabayar) dan kartuHALO (kartu paskabayar) sebagai kartu pilihan utama selama 10 tahun berturut-turut.

Keberhasilan mempertahankan prestasi ini membuat Telkomsel berhak memperoleh predikat tertinggi Diamond ICSA 2009. Di samping simPATI dan kartuHALO, Telkomsel juga meraih penghargaan untuk Telkomsel Flash sebagai layanan mobile internet yang memberikan tingkat kepuasan tertinggi.

Penghargaan ICSA yang diberikan Majalah SWA Sembada dan lembaga riset independen Frontier ini memasuki tahun yang ke-11, sehingga telah menjadi barometer tersediri bagi produk/layanan di Indonesia dalam hal kepuasan pelanggan. Tahun ini survei dilakukan terhadap berbagai kategori yang melibatkan 1.600 responden di 6 besar di Indonesia, yakni Medan, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Makassar.

Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarno (tengah) saat menerima penghargaan Indonesian Customer Satisfaction Award (ICSA) 2009 dari Pemimpin Redaksi Majalah SWA Kemal Effendi Gani (kanan) dan Chairman Frontier Consulting Group Handi Irawan (3/9). Bertepatan dengan hari pelanggan nasional, Telkomsel memperoleh predikat Diamond ICSA atas prestasinya mempertahankan tingkat kepuasan pelanggan tertinggi untuk kedua produknya simPATI (prabayar) dan kartuHALO (paskabayar) sebagai kartu pilihan utama selama 10 tahun berturut-turut (2000-2009).

Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarno mengatakan, “Pada momen hari pelanggan nasional ini, secara khusus kami mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Indonesia yang memilih simPATI, kartuHALO, dan Telkomsel Flash sebagai layanan selular yang dianggap relatif mampu memberi kepuasan sesuai ekspektasi mereka. Hal ini seiring dengan upaya Telkomsel dalam menjalankan visinya sebagai operator selular penyedia layanan mobile lifestyle terbaik di Asia Pasifik.”

Kesuksesan meraih predikat Diamond ICSA 2009 membuat Telkomsel semakin mengukuhkan posisinya sebagai service leader pasar selular di Indonesia, di mana saat ini telah dipercaya melayani 78 juta pelanggan atau sekitar 50% pengguna ponsel di Indonesia. Tingginya kepercayaan para pengguna ponsel terhadap layanan Telkomsel dikarenakan produknya relatif dapat memenuhi 5 parameter kebutuhan pokok, yakni: jaringan yang luas, kualitas jaringan yang handal, inovasi produk, pelayanan pelanggan berstandar ISO, dan tarif yang semakin terjangkau dan murah.

Sarwoto menambahkan, “Keterlibatan langsung masyarakat sebagai pemilih menjadikan penghargaan ini sebagai representasi kenyataan di lapangan. Meraih predikat Diamond ICSA selama 10 tahun berturut-turut menggambarkan konsistensi kami dalam upaya memberikan yang terbaik, di mana menghasilkan sesuatu yang secara nyata telah dirasakan kemanfaatannya dibandingkan produk-produk sejenis di pasaran. Bagi kami penghargaan ini tidak hanya sebuah apresiasi tapi juga sekaligus menjadi tantangan bagi kami untuk terus berinovasi menghadirkan nilai tambah bagi kepuasan bagi pelanggan.”

“Di tengah persaingan industri telekomunikasi yang semakin ketat, Telkomsel sangat berorientasi pada kepuasan pelanggan, yang sama artinya dengan membangun sebuah kepercayaan. Penghargaan ini menggambarkan tingginya kepercayaan masyarakat terhadap produk dan layanan Telkomsel. Kepercayaan tersebut harus kami jaga dengan selalu berupaya memberikan yang terbaik, sehingga ke depan Telkomsel tetap menjadi operator pilihan utama masyarakat,” ungkap Sarwoto.

Penghargaan ICSA tahun ini diukur berdasarkan 4 parameter, yaitu: kepuasan terhadap kualitas produk/layanan (QSS), dan kepuasan terhadap harga berdasarkan kualitas yang diterima (VSS), persepsi bahwa salah satu merek dinilai terbaik secara keseluruhan dibanding merek lainnya (PBS), serta customer expectation (ES), yang merupakan parameter yang sangat menentukan kepuasan pelanggan sekaligus memberikan potret yang lebih akurat terhadap hasil penilaian. Telkomsel sendiri memperoleh Total Satisfaction Score (TSS) 4,294 untuk simPATI dan 4,261 untuk kartuHALO, serta 4,038 untuk Telkomsel Flash.

Penghargaan di ajang ICSA 2009 ini melengkapi penghargaan yang telah diterima Telkomsel tahun ini, yakni Forsel Award (Operator GSM Favorit), Top Brand Award (simPATI dan kartuHALO), Call Center Award, Word of Mouth Marketing Award (simPATI dan kartuHALO), Service Quality Award (GraPARI), Indonesia Cellular Award (Best Customer Growth), Selular Award (Best of The Best Service Provider dan Best GSM Operator), dan Platinum Best Brand Award (simPATI dan kartuHALO).


Source: telkomsel.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Last Update Artikel Marketing:

Blog Link: