3 Faktor Yang Mempengaruhi Proses Pengambilan Keputusan Konsumen

Sebelum membeli suatu produk atau menggunakan suatu layanan jasa, konsumen melakukan pengambilan keputusan dan sebelum sampai ke keputusan, konsumen melakukan proses mempersepsikan dan mengevaluasi segala informasi yang menyertainya.

Nah inilah komponen inti dari proses pengambilan keputusan yaitu proses mempersepsikan dan mengevaluasi informasi, mempertimbangkan alternatif yang memenuhi kebutuhan konsumen dan mengambil keputusan pada suatu merk tertentu.

Terdapat 3 faktor yang mempengaruhi proses pengambilan keputusan oleh konsumen yaitu :

1. Faktor Pribadi (Individual Consumer)
Pemilihan terhadap merk dipengaruhi oleh kebutuhan konsumen, persepsi terhadap karakteristik merk, dan sikap mereka terhadap merek.

2. Pengaruh Lingkungan (Enviromental Influences) Lingkungan yang mempengaruhi pembelian oleh seorang konsumen dalam kultur, kelas sosial, keluarga, kelompok masyarakat, dan situasi pada saat itu.

3. Strategi Pemasaran (Marketing Strategy) Variabel-variabel yang berpengaruh dari strategi pemasaran adalah produk, harga, promosi, dan distribusi. Pemasar harus mendapatkan informasi tentang tanggapan konsumen terhadap strategi pemasaran atau marketing mix untuk mengevaluasi kesempatan pasar sebelum mereka mengembangkan strategi pemasaran yang baru.

Segera setelah konsumen membuat keputusan, pengevaluasian setelah pembelian yang merupakan umpan balik dari konsumen terjadi selama pengevaluasian, konsumen belajar dari pengalaman dan mungkin menambah pola konsumen dalam mencari informasi, menilai suatu merk, menyeleksi suatu merk. Pengalaman konsumen akan mempengaruhi langsung apakah merk yang sama akan dibeli lagi.

Sementara umpan balik dari tanggapan konsumen bagi pemasar adalah dalam bentuk data penjualan dan pangsa pasar, namun informasi ini belum cukup karena tidak memberikan pengetahuan mengapa konsumen membeli atau menyediakan informasi atas kekuatan dan kelemahan merk pemasar dan situasi persaingan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Last Update Artikel Marketing:

Artikel Marketing Lainnya:

Blog Link: