Faktor-Faktor Situasional Dalam Keputusan Pembelian Konsumen

Perilaku pembelian dapat saja terjadi karena situasi yang menekan konsumen untuk melakukan pembelian muncul pada berbagai tempat dan waktu yang belum ditentukan sebelumnya. Pengaruh situasi dipandang Russel W. Belk sebagai pengaruh yang timbul dari faktor terutama untuk waktu dan tempat yang spesifik. Lebih lanjut Belk menjelaskan bahwa ada lima karakteristik situasi konsumen yang dapat saja mempengaruhi perilaku konsumen yaitu :
  1. Lingkungan fisik
  2. lingkungan sosial
  3. Waktu
  4. Tugas
  5. Keadaan anteseden.
Sementara beberapa pakar pemasaran lainnya yaitu C. Whan Park, Easwar S. Iyer, Daniel C. Smith mengemukakan adanya dua faktor situasional yaitu :
(1) Pengetahuan tentang toko dan (2) Ketersediaan waktu untuk berbelanja yang membuat konsumen berniat melakukan pembelian, baik yang telah direncanakan, pembelian tanpa rencana ataupun merubah merek atau produk yang akan dibelinya.
Pengetahuan toko didefinisikan sebagai mengkonsumsi informasi lay out toko dan konfigurasinya, termasuk lokasi produk dan merek. Ketersediaan waktu untuk berbelanja merupakan persepsi konsumen terhadap waktu yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan berbelanja dengan waktu yang tersedia.
Ketersediaan waktu dapat pula mempengaruhi keputusan konsumen dalam situasi tertentu. Akibat adanya tekanan waktu, secara progresif konsumen akan mengurangi waktu pencarian informasi. Penggunaan informasi yang tersedia juga akan menurun, dan informasi negatif atau yang tidak menguntungkan turut pula dijadikan pertimbangan dalam pengambilan keputusan akibat adanya tekanan waktu.

1 komentar:

Last Update Artikel Marketing:

Artikel Marketing Lainnya:

Blog Link: