Tidak semua individu dapat dipengaruhi oleh opinion leader, karena peran opinion leader dapat terhjadi pada kondisi tertentu saja. Menurut beberapa pakar Marketing seperti James F. Engel,., Roger D. Blackwell, Paul W. Miniard, pengaruh pribadi dalam bentuk opinion leader paling mungkin terjadi ketika satu atau lebih dari kondisi dan situasi berikut ini terjadi, yaitu :
- Konsumen tidak mempunyai informasi yang cukup untuk membuat pilihan yang terinformasi secara memadai.
- Produknya kompleks dan sulit untuk dievaluasi dengan menggunakan kriteria yang objektif. Oleh karena itu, pengalaman orang lain berfungsi sebagai “percobaan yang seolah dilakukan sendiri”.
- Orang bersangkutan tidak mempunyai kemampuan untuk mengevaluasi produk atau jasa, tidak peduli bagaimana informasi disebarkan dan disajikan.
- Sumber lain dirasakan mempunyai kredibilitas rendah.
- Orang yang berpengaruh lebih mudah diakses daripada sumber lain sehingga dapat diajak berkonsultasi dengan menghemat waktu dan tenaga.
- Pertalian sosial yang kuat di antara pengirim dan penerima.
- Individu bersangkutan mempunyai kebutuhan yang tinggi akan persetujuan sosial.
Bagaimana dengan diri Anda ?
Apakah opinion leader mempengaruhi keputusan pembelian yang Anda lakukan ?
Makasih nih gan buat penjelasnnya
BalasHapus