Peran Komunikasi Pemasaran Dalam Menunjang Keputusan Pembelian Konsmen

Pada saat menentukan keputusan pembelian, konsumen melakukan pencarian informasi secara ekstensif dan kemudian memproses informasi tersebut sebagai bahan pertimbangan sebelum akhirnya memutuskan pembelian.

Hal ini menunjukkan peran penting komunikasi dalam menunjang proses keputusan pembelian, seperti yang disampaikan oleh Henry Assael sebagai berikut :

“Since they provide information that influences consumer’s purchases, communications are central to consumer’s decision making.” Untuk itu tidaklah cukup bagi perusahaan hanya sekedar mengembangkan produk dengan baik, menawarkan dengan harga menarik, dan membuatnya mudah diperoleh pelanggan sasarannya. Namun perusahaan harus juga berkomunikasi dengan para pelanggan yang ada sekarang, pelanggan potensial, pengecer, pemasok, serta pihak-pihak yang memiliki kepentingan pada perusahaan.

Terdapat beberapa sumber informasi yang dapat membantu pembuatan keputusan konsumen, Henry Assael mengungkapkannya sebagai berikut :

“To make purchasing decisions, consumers acquire and process information from advertising, from their experience with products, from friends and neighbors, and from other sources”. Dalam membuat keputusan pembelian, konsumen dapat memperoleh informasi dari iklan, dari pengalaman terhadap suatu produk, dari teman dan tetangga, serta dari sumber informasi yang lain.

Nah nampak bahwa terasa penting bagi setiap perusahaan mengadakan komunikasi pemasaran dalam membantu dan mengarahkan konsumen agar dapat memenuhi keinginan dan kebutuhannya dengan cara menyadarkan semua pihak yang terkait dalam komunikasi pemasaran untuk berbuat lebih baik dengan memberikan informasi yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Last Update Artikel Marketing:

Artikel Marketing Lainnya:

Blog Link: