Komunikasi Pemasaran Melalui Opinion Leader

Komunikasi pemasaran yang baik dapat terjadi jika informasi yang disampaikan dapat mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli suatu produk. Program komunikasi pemasaran yang efektif dibutuhkan oleh pemasar agar produk atau jasa baik lama maupun baru yang ditawarkan dapat memenuhi kebutuhan atau keinginan konsumen sasaran.

Dalam melakukan proses pengambilan keputusan pembelian terhadap suatu produk, konsumen dipengaruhi oleh berbagai informasi yang diterimanya. Sumber informasi yang berbeda akan memberikan hasil informasi yang berbeda pula karena setiap sumber informasi dapat menimbulkan perbedaan persepsi.

Kebanyakan konsumen menerima informasi dari orang lain, dapat saja informasi tersebut berasal dari teman, saudara, ibu, bapak, tetangga atau teman satu kelompok. Biasanya konsumen menerima informasi dari orang yang diyakini bahwa orang tersebut mempunyai informasi yang benar, karena orang tersebut mempunyai pengalaman luas dan ahli.

Orang-orang yang dapat memberikan informasi tersebut dipandang sebagai pemimpin opini (opinion leader), seperti yang diungkapkan Henry Assael berikut :

“..individuals most likely to influence others through word of mouth are opinion leaders”.
Opinion leader adalah individu yang dapat memberikan informasi dan mempengaruhi individu yang lain untuk membeli suatu produk/ jasa melalui komunikasi dari mulut ke mulut.

Nah dengan demikian nampak bahwa opinion leader punya peran penting dalam komunikasi pemasaran karena individu yang punya peran sebagai opinion leader menggunakan sejumlah pengaruh pada pengambilan keputusan yang dilakukan orang lain.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Last Update Artikel Marketing:

Artikel Marketing Lainnya:

Blog Link: