Dalam artikel marketing sebelumnya telah diulas mengenai pentingnya opinion leader dalam proses pengambilan keputusan konsumen. Nah nampak bahwa opinion leader merupakan orang yang sangat sering mempengaruhi sikap dan perilaku orang lain. Dengan demikian opinion leader merupakan elemen yang sangat penting dalam proses pengambilan keputusan pembelian yang dilakukan konsumen.
Mengingat pentingnya opinion leader dalam turut mempengaruhi proses pengambilan keputusan pembelian konsumen, maka timbullah usaha-usaha untuk mempengaruhi opinion leader. Marketer sering menggunakan teori komunikasi dari mulut ke mulut ini dalam kampanye iklannya. Marketer sering langsung mempengaruhi kelompok opinion leader atau juga secara tidak langsung dengan menampilkan konsumen tertentu, misalnya artis, dokter atau profesional lainnya, untuk mengatakan hal positif dari produk yang ditawarkan.
Cara-cara yang sering dilakukan oleh marketer antara lain :
Mengingat pentingnya opinion leader dalam turut mempengaruhi proses pengambilan keputusan pembelian konsumen, maka timbullah usaha-usaha untuk mempengaruhi opinion leader. Marketer sering menggunakan teori komunikasi dari mulut ke mulut ini dalam kampanye iklannya. Marketer sering langsung mempengaruhi kelompok opinion leader atau juga secara tidak langsung dengan menampilkan konsumen tertentu, misalnya artis, dokter atau profesional lainnya, untuk mengatakan hal positif dari produk yang ditawarkan.
Cara-cara yang sering dilakukan oleh marketer antara lain :
- Mempengaruhi opini secara langsung
- Merangsang komunikasi word of mouth dalam iklan
- Merangsang komunikasi word of mouth melalui iklan
- Menggunakan opinion leader untuk menyampaikan pesan.
Semoga bermanfaat....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar