Konsep Marketing

Marketing merupakan faktor yang sangat penting dalam kelangsungan hidup suatu perusahaan. Pada umumnya perusahaan perusahaan yang menitikberatkan kegiatan usahanya untuk memenuhi kebutuhan konsumen mengenal suatu falsafah yang mendasari usahanya untuk mencapai tujuan jangka panjang yang sering disebut dengan konsep Marketing.

Kotler memberikan suatu konsep tentang tujuan organisasi yang disebut konsep Marketing, yaitu:
“….the key to achieving its organizational goals consists of the company being more effective than competitors in creating, delivering, and communicating superior customer value to its chosen target market.”

Berdasarkan definisi tersebut tampak bahwa konsep Marketing memusatkan pada pencapaian tujuan organisasi secara lebih efektif, daripada pesaing dalam berkreasi, mendistribusikan, dan mengkomunikasikan nilai yang superior kepada target marketnya. Hal ini mencerminkan bahwa konsep Marketing merupakan upaya organisasi untuk mencapai tujuannya melalui pemenuhan kebutuhan dan keinginan target marketnya secara lebih baik daripada pesaingnya. Pemenuhan kebutuhan dan keinginan akan menciptakan kepuasan konsumen, dan melalui kepuasan konsumen inilah suatu perusahaan akan dinilai lebih baik daripada perusahaan lainnya. Apabila kepuasan konsumen secara terus menerus terpelihara dengan baik, maka konsumen akan sulit meninggalkan perusahaan dan peluang perusahaan untuk memenangkan persaingan yang ketat akan semakin mudah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Last Update Artikel Marketing:

Artikel Marketing Lainnya:

Blog Link: